Saturday 26 October 2013

Proses Morfologi 3 (KOMPOSISI)


A.  Pengertian Komposisi
Komposisi adalah proses penggabungan morfem dasar dengan morfem dasar baik yang bebas maupun yang terikat sehingga terbentuk sebuah konstruksi yang memiliki identitas leksikal yang berbeda. Dalam istilah tatabahasa tradisional istilah pemadun lebih dikenal dengan nama pemajemukan. Dalam bahasa Indonesia pemaduan satuan-satuan kata untuk membentuk satu kata sangat produkatif, khusussnya dalam pembentukan istilah-istilah baru. Ramlan (1985) menyatakan bahwa kata majemuk ialah kata yang terdiri dari dua kata atau lebih sebagai unsurnya. Di samping itu, ada juga kata majemuk yang terdiri dari satu kata dan satu pokok kata, sebagai unsurnya, misalnya daya tahan, daya juang, kamar tunggu, kamar kerja, ruang baca, tenaga kerja, kolam renang, jarak tembak, ikat pinggang, dan ada pula yang terdiri dari pokok kata semuanya, seperti lomba lari, jual beli, simpan pinjam, dan masih banyak lagi.
      B. Perbedaan Komposisi, Frasa dan Klausa
            Komposisi ialah proses pembentukan kata majemuk atau kompositum. Kata majemuk ialah gabungan kata yang telah bersenyawa atau membentuk satu kesatuan dan menimbulkan makna baru.Contoh: kamar mandi, kereta api, rumah makan, baju tidur.
            Gabungan kata yang juga membentuk satu kesatuan , tetapi tidak menimbulkan makna baru disebut frasa. Contoh: sapu ijuk, meja itu, kepala botak, rambut gondrong, mulut lebar.
Klausa adalah satuan gramatika yang memiliki tataran di atas frasa dan dibawah kalimat, berupa kelompok kata yang sekurang-kurangnya terdiri atas subjek dan predikat dan berpotensi untuk menjadi kalimat. Contoh: anakitumenangis, bajuitubaru, Rantipergi.
C. Ciri-ciri komposisi
a.Memiliki makna dan fungsi baru yang tidak persis sama denganfungsi masing-masing unsurnya.
b. Unsur-unsurnya tidak dapat dipisahkan baik secara morfologis maupun secara sintaksis.

Contoh:
- kambing+hitam kambinghitam
- rumah+sakit rumahsakit
- kaki+tangan kaki tangan
- orang+tua orang tua
- kepala + batukepalabatu
- mata + pelajaranmatapelajaran.
D.    Jenis-jenisKomposisi
a.      Komposisi Verbal
Komposisi verbal adalah komposisi yang pada satuan klausa berkategori verbal (kata kerja). Komposisi verbal dapat dibentuk dari dasar:
1)   Verba + verba, seperti menyanyi menari, duduk termenung, makan minum.
2)   Verba + nomina, seperti gigit jari, membanting tulang, lompat galah.
3)   Verba + adjektifa, seperti lompat tinggi, lari cepat, terbaring gelisah.
4)   Adverbia + verba, seperti sudah makan, belum ketemu, masih tidur.
b.      Komposisi Nomina
Komposisi nomina adalah komposisi yang pada satuan klausa berkategori nomina (kata benda). Komposisi nomina dapat dibentuk dari dasar
1)   Nomina + nomina, seperti kakek nenek, meja kayu, sate kambing
2)   Nomina + verba, seperti meja makan,, buku ajar, ruang tunggu.
3)   Nomina + adjektifa, seperti guru muda, mobil kecil, meja hijau.
4)   Adverbial + nomina, seperti bukan uang, banyak serigala, beberapa guru.
c.       Komposisi Adjektiva
Komposisi adjektiva adalah komposisi yang pada satuan klausa, berkategori adjektiva (kata sifat). Komposisi adjektiva dapat dibentuk dari dasar:
1)   Adjektiva + adjektiva, seperti tua muda, besar kecil, putih abu-abu.
2)   Adjektiva + nomina, seperti merah darah, keras hati, biru laut.
3)   Adjektiva + verba, seperti takut pulang, malu bertanya, berani pulang.
4)   Adverbia + adjektiva, seperti, tidak takut, agak malu, sangat menyenangkan.
E.     Perbedaan Komposisi dengan Idiom
Komposisi memiliki makna baru atau memiliki satu makna tetapi maknanya masih dapat ditelusuri secara langsung dari kata-kata yang digabungkan. Contoh, kaki meja yang masih dapat ditelusuri dari makna 'kaki' dan 'meja'.
Idiom adalah memunculkan makna baru yang tidak dapat secara langsung ditelusuri dari kata-kata yang digabungkan. Contoh, tangankanan artinya“orang kepercayaan”yang tidak ada sangkut pautnya dengan 'tangan' dan 'kanan'.

25 comments :

  1. Nama : TUTY RIA
    Nim : A1B112043

    Diatas tadi ada diberikan contoh komposisi"kambing hitam", menurut saya kambing hitam itu bermakna idiom yaitu orang yg dalam suatu peristiwa sebenarnya tidak bersalah, tetapi dipersalahkan atau dijadikan tumpuan kesalahan.tetapi kelompok kalian memberikan contoh bahwa itu adalah komposisi,mengapa bisa begitu tolong jelaskan?

    ReplyDelete
  2. Nama: Kholil Anwar
    NIM: A1B112061

    saya mau bertanya bagaimanacara kita membedakan antara komposisi,klausa, dan idiom.Karena saya sangat susah membedakan diantara ketiganya dan sebagian banyak diinternet memberikan contoh komposisi tetapi menurut saya adalah idiom,mungkin kelompok kalian bisa menjelaskan secara lebih terperinci lagi.
    terima kasih

    ReplyDelete
  3. Nama: Muhammad Heri Setiawan
    Nim: A1B112004

    Saya sangat setuju dengan pendapat Tuty Ria yang mengatakan bahwa kata kambing hitam itu termasuk idiom. Menurut saya, idiom itu termasuk dalam golongan pribahasa sehingga dikatakan bahwa kata kambing hitam itu adalah idiom bukan komposisi. Tidak hanya itu, dari beberapa contoh yang telah kelompok kalian berikan saya juga menemukan yang menurut saya contoh itu merupakan contoh idiom. Namun, kelompok anda menempatkannya ke dalam contoh komposisi yaitu kata (kaki tangan, kepala batu, dan meja hijau pada contoh komposisi nomina).

    - kaki tangan yang memiliki arti orang yg diperalat orang lain untuk membantu.
    - kepala batu yang memiliki arti keras kepala atau tidak mau mendengar nasihat orang lain.
    - meja hijau yang memiliki arti sidang atau pengadilan.

    Tolong jelaskan dari pernyataan tersebut!

    Selanjutnya, Idiom adalah satuan-satuan bahasa (bisa berupa kata, frase, maupun kalimat) yang maknanya tidak dapat diramalkan dari makna leksikal unsur-unsurnya maupun makna gramatikal satuan-satuan tersebut. Lalu, yang saya tanyakan bagaimana mengetahui makna idiom sebuah kata (frase atau kalimat).

    ReplyDelete
  4. Nama: Ayusa Widiana
    Nim : A1B112080

    Saya ingin bertanya apa kaitannya komposisi dengan idiom tolong jelaskan dan berikan contohnya! terima kasih

    ReplyDelete
  5. Nama: Siti Marlina
    Nim :A1B112085
    Saya mau bertanya apakah didalam komposisi dan idiom itu sangat berpengaruh dalam proses morfologi dan bagaimana cara kita mengetahuinya atau membedakan yang mana idiom dan komposisi

    ReplyDelete
  6. nama : zahratun nisa
    nim : A1B112026
    yang saya tangkap dari materi anda adalah prose komposisi merupakan penggabungan 2 kata atau lebih yang menghasilkan makna baru yang bisa juga disebut pemajemukan kata, benar?
    materi anda pula sya temukan pernyataan bahwa kata majemuk dpat terdiri atas satu kata atau satu pokok kata, sebagai unsurnya, tolong kalian jelaskan mengenai pernyataan tersebut.

    ReplyDelete
  7. Nama/NIM : Yoga Tri Adhi/A1B112092
    Apakah komposisi bisa disamakan dengan kata majemuk, dimana terdapat dua kata atau lebih sebagai unsurnya?
    Jadi tolong berikan contoh komposisi yang terdiri lebih dari dua unsur beserta penjelasannya.
    terima kasih.

    ReplyDelete
  8. Menurut saya penempatan "kambing hitam" dalam contoh komposisi bukan hal yang salah mengingat kambing hitam dapat juga bermakna sebenarnya ,berarti kambing yang berwarna hitam. Jadi tergantung konteks kalimatnya seperti apa.

    ReplyDelete
  9. Kepada Yoga Tri Adhi, bisakah anda jelaskan secara rinci mengenai pernyataan anda, karena saya kurang mengerti.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Disini saya akan mencoba memperjelas dari pernyataan Yoga menurut pemahaman saya seperti ini :
    Yoga menyatakan "Menurut saya penempatan "kambing hitam" dalam contoh komposisi bukan hal yang salah mengingat kambing hitam dapat juga bermakna sebenarnya ,berarti kambing yang berwarna hitam. Jadi tergantung konteks kalimatnya seperti apa."Disini Yoga membahas mengenai penempatan "kambing hitam" yang biasa diartikan sebagai orang yang menjadi pelimpahan suatu kesalahan yang tidak dilakukannya ,seperti contoh : Yoga menjadi kambing hitam dalam permasalah rumah tangga yang dihadapi Hafiz dan istrinya.Dalam konteks tersebut kambing hitam memang dipakai sebagai idiom (disebut juga dengan ungkapan adalah gabungan kata yang membentuk arti baru di mana tidak berhubungan dengan kata pembentuk dasarnya).Yang menjadi penyataan Yoga adalah kata "kambing hitam" itu sebenarnya bisa saja berdiri sendiri dengan makna yang sesungguhnya yakni = kambing yang berwarna hitam.Seperti itulah penangkapan saya terhadap pernyataan Yoga.Tapi yang dapat saya tambahkan disini untuk Yoga mengenai kata "kambing hitam"yang dapat berdiri sendiri susuai makna sesungguhnya,menurut saya kata "kambing hitam"itu jarang digunakan untuk menunjukkan kambing yang berwarna hitam tanpa embel-embel penjelasnya.Saya berikan contoh : a) Kambing hitam itu terjual dengan harga 2 juta. b) Kambing yang berwarna hitam itu terjual dengan harga 2 juta.Kedua contoh tersebut memang lazim saja apabila digunakan dan diucapkan tapi menurut saya contoh "b" adalah kalimat yang lebih tepat.Demikian terima kasih :) Semoga dipahami :)

    ReplyDelete
  12. Jamiatur Rasyidah

    Saya akan menjawab pertanyaan dari Kholil anwar pertanyaannya bagaimana cara membedakan antara komposisi, klausa, dan idiom. Sesuai yang sudah kami jelaskan bahwa * komposisi adalah pembentukan kata majemuk atau kompositum. Kata majemuk ialah gabungan kata yang telah bersenyawa membentuk satu kesatuan dan menimbulkan makna baru. Contoh : kamar mandi ( dimana kedua kata tersebut kamar dan mandi digabungkan membentuk makna baru )

    * Klausa adalah satuan gramatika memiliki tataran di atas frasa dan dibawah kalimat, berupa kelompok kata yang sekurang-kurangnya terdiri atas subjek dan predikat dan berpotensi untuk menjadi kalimat. contoh : Ranti pergi ( Ranti itu Subjek, pergi itu predikat )

    * Idiom adalah satuan ujaran yang maknanya tidak dapat diramalkan dari makna unsur-unsurnya, baik secara leksikal maupun secara gramatikal contoh : membanting tulang ( maknanya bekerja keras ) meja hijau ( maknanya pengadilan )

    ReplyDelete
  13. Saya akan menjawab pertanyaan Yoga Tri Adhi

    Pertanyaan:

    Apakah komposisi bisa disamakan dengan kata majemuk, dimana terdapat dua kata atau lebih sebagai unsurnya?
    Jadi tolong berikan contoh komposisi yang terdiri lebih dari dua unsur beserta penjelasannya.
    terima kasih.

    Jawaban:

    Menurut Sumadi (2010:132) mengemukakan bahwa pemajemukan atau komposisi adalah proses pembentukan kata dengan cara menggabungkan bentuk dasar yang satu dengan bentuk dasar yang lain dan gabungan itu menimbulkan makna baru yang menyimpang dari makna konvensional setiap bentuk dasarnya. Pengertian tersebut senada dengan yang disampaikan oleh Masnur Muslich (2008:57), yaitu peristiwa bergabungnya dua morfem dasar atau lebih secara padu dan menimbulkan arti yang relatif baru. Sementara menurut Abdul Chaer (2008:209), pemajemukan atau komposisi adalah proses penggabungan bentuk dasar dengan bentuk dasar untuk mewadahi suatu konsep yang belum tertampung dalam sebuah kata.
    Dari ketiga pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pemajemukan sama dengan komposisi yang merupakan proses pembentukan kata dengan cara menggabungkan bentuk dasar yang satu dengan bentuk dasar yang lain sehingga menghasilkan kata majemuk dan kata majemuk yang terbentuk itu memiliki makna baru yang menyimpang dari makna konvensionalnya.

    Berdasarkan jumlah bentuk dasarnya, kata majemuk dapat dipilah menjadi (1) kata majemuk yang terdiri atas dua bentuk dasar, misalnya meja tulis, kepala dingin, dan membabi buta, serta (2) kata majemuk yang terdiri atas tiga bentuk dasar, misalnya telur mata sapi, kereta api cepat, dan setali tiga uang (Sumadi, 2010:137—138).

    Sumber: http://starlovesifasa.wordpress.com/2012/11/08/morfologi/

    ReplyDelete
  14. Hafiz Zairullah
    A1B112019

    kami akan menjawab pertanyaan Tuty Ria.
    kami setuju dengan pendapat Yoga Tri Adhi yang mengatakan penempatan "kambing hitam" dalam contoh komposisi bukan hal yang salah mengingat kambing hitam dapat juga bermakna sebenarnya ,berarti kambing yang berwarna hitam. Jadi tergantung konteks kalimatnya seperti apa.
    sebelum menjawab pertanyaan Tuty Ria, ada baiknya kita mengetahui perbedaan antara komposisi dan idiom agar lebih mudah dipahami. komposisi memiliki makna baru atau memiliki satu makna tetapi maknanya masih dapat ditelusuri secara langsung dari kata-kata yang digabungkan. Sedangkan idiom memunculkan makna baru yang tidak dapat secara langsung ditelusuri dari kata-kata yang digabungkan. Jadi, komposisi MEMILIKI makna dan idiom MEMUNCULKAN makna. Contoh kata kambing hitam merupakan komposisi karena bisa dittelusuri maknanya perkata sebelum digabung. Kambing memiliki makna hewan berkaki empat dan hitam bermakna warna hitam. Jadi arti kambing hitam disini adalah kambing yang berwarna hitam.

    ReplyDelete
  15. Hafiz Zairullah
    A1B112019

    Kami akan menjawab pertanyaan dari Muhammad Heri Setiawan
    Kelompok kami menemempatkan kepala batu, dan meja hijau sebagai komposisi karena ketiga contoh tersebut masih bisa ditelusuri satu persatu maknanya (seperti yang telah kami jelaskan pada contoh kambing hitam). Kepala batu bisa ditelusuri maknanya satu persatu, yaitu kepala berarti anggota tubuh bagian atasa, dan batu berarti benda yang keas. Jika digabinggkan kepala batu artinya menjadi kepala yang keras. Meja hijau bisa ditelusuri mkananya satu persatu juga, meja dan warna hijau. Jika digabung akan menjadi meja hijau yang berarti meja yang berwarna hijau. Nah, untuk kaki tangan, termasuk komposisi karena contoh itu dilihat dari cirri-ciri komposisi, yaitu tidak dapat dipisahkan unsurnya, bukan dilihat dari segi makna.
    Cara mengetahui makna idiom sebuah kata itu adalah setiap orang harus mempelajarinya sebagai seorang penutur asli, tidak mungkin hanya melalui makna dari kata-kata yang membentuknya.jadi, kita harus mecari penutur asli yang menggunakan idiom dalam percakapannya dan meneliti artinya, karena tidak mungkin sutu idiom hanya memiliki satu arti (maka dari itu idiom maknanya tidak dapat diramalkan). Contoh makan tangan yang artinya kena tinju, tetapi ada juga yang mengatakan artinya itu beruntung besar.
    Menganai pernyataan Yoga Tri Adhi yang mengatakan komposisi dan idiom tergantung konteks kalimatnya seperti apa.
    Kami setuju dengan pernyataan Yoga tersebut karena memang sulit membedakan idiom dan komposisi jika dihadapkan dengan contohnya langsung. Jadi, agar mudah membedakan antara idiom dengan komposisi adalah tergantung konteks kalimatnya seperti apa. Contoh pemakaian kambing hitam pada kalimat:
    - Dalam peristiwa kebakaran itu hansip menjadi kambing hitam padahal mereka tidak tahu apa-apa. Kambing hitam pada kalimat ini berfungsi sebagai idiom.
    - Kambing hitam itu milik Heri. Kambing hitam pada kalimat ini berfungsi sebagai komposisi.

    ReplyDelete
  16. Nama: Siti Nailah
    NIM: A1B112011
    Saya akan menjawab pertanyaan dari Zahraatunnisa.
     Ya, benar
     Sebelumnya saya ingin memperbaiki pernyataan yang anda sebutkan yaitu ‘kata majemuk dapat terdiri atas satu kata atau satu pokok kata’ seharusnya ‘ kata majemuk dapat terdiri atas satu kata dan satu pokok kata’.
    Maksud dari pernyataan tersebut dapat saya jelaskan dengan contoh berikut:
    Ruang baca = ruang (satu kata) + baca (satu pokok kata)
    1. Ruang baca merupakan hasil dari proses dari komposisi atau kata majemuk
    2. Baca merupakan satu pokok kata. Karena dengan adanya kata tersebut kita dapat memahami makna ruang baca, yaitu tempat yang digunakan untuk membaca. Sedangkan jika kata baca diganti dengan kata tamu yang menjadi ruang tamu memiliki makna tempat untuk menjamu tamu. Dari situlah kita dapat mengetahui letak pokok kata.
    3. Ruang merupakan kata, tetapi jika tidak ditambahkan dengan satu pokok kata maka akan menimbulkan kebingungan, karena tidak diketahui makna ruang tersebut apa. Ruang artinya ruang, tetapi tidak memiliki makna apakah ruang itu tempat untuk belajar, makan atau untuk menjamu tamu.

    ReplyDelete
  17. Saya mau bertanya apakah didalam komposisi dan idiom itu sangat berpengaruh dalam proses morfologi dan bagaimana cara kita mengetahuinya atau membedakan yang mana idiom dan komposisi
    Saya dwika nor rina akan menjawab pertayaan dari siti marlina.
    Menurut saya sangat berpengaruh, karena didalam proses morfologi itu sendiri terdapat proses afiksasi (pengimbuhan), reduplikasi (pengulangan) dan komposisi (pemajemukan).
    Kemudian cara kita mengetahui atau membedakan yang mana idiom dan komposisi adalah sebagai berikut.
    Seperti yang telah saya simpulkan bahwa, komposisi itu sendiri adalah memiliki makna baru atau memiliki satu makna tetapi maknanya masih dapat ditelusuri secara langsung dari kata-kata yang digabungkan. Sedangkan idiom adalah memunculkan makna baru yang tidak dapat secara langsung ditelusuri dari kata-kata yang digabungkan.
    Contoh komposisi pada kata = kamar mandi => berasal dari kata kamar + mandi. Dari kata yang digabungkan tersebut dapat ditelusuri secara langsung sehingga menjadi kamar mandi.
    Sedangkangkan, contoh idiom pada kata = tangankanan => tangankanan artinya“orang kepercayaan”yang tidak ada sangkut pautnya dengan 'tangan' dan 'kanan'.

    ReplyDelete
  18. Terima kasih Hafiz Zairullah, saya sudah mengerti.

    ReplyDelete
  19. Nama : Bahjatul Atqiya Nim : A1B112020

    Saya akan menjawab pertanyaan dari Ayusa Widiana Apa keterkaitan Komposisi dan Idiom...?? Jelaskan dan berikan contohnya

    Menurut saya komposisi dan idiom sama-sama memiliki makna jika kedua kata digabung. namun komposisi maknanya dapat ditelusuri secara langsung sedangkan idiom tidak dapat ditelusuri maknanya. Contohnya : Komposisi rumah sakit rumah artinya tempat tinggal sakit artinya orang yang sakit jika kita gabung rumah sakit artinya tempat orang yg sedang sakit rumah sakit memang memiliki suatu hubungan dengan arti dan fungsi yg sebenarnya.

    Contoh idiom tangan artinya tangan kanan artinya bagian anggota tubuh kanan artinya arah, pihak, atau sisi bagian badan kita jika kita gabung menjadi tangan kanan yang artinya orang kepercayaan sedangkan tangan kanan tidak ada hubungannnya dengan tangan kanan.

    ReplyDelete
  20. terima kasih banyak... sudah membagi ilmunya

    ReplyDelete
  21. Bicara soal kata majemuk, dapatkah anda menyebutkan klasifikasi kata majemuk:
    1. berdasarkan kepaduan arti.
    2. berdasarkan kompleksitasnya.
    3. berdasarkan sistem distribusinya.
    4. berdasarkan asal bahasa unsur-unsurnya.
    5. berdasarkan jenis kata unsur-unsurnya.

    ReplyDelete
  22. nama: masitah NIM: A1B113035

    saya ingin bertanya apa kaitannya antara komposisi, frasa, dan klausa?
    dan mengapa komposisi di istilahkan sama dengan pemaduan atau majemuk?

    ReplyDelete
  23. data makalah analisis komposisi ada gak?
    sesama prodi sastra saya membutuhkan

    ReplyDelete